My Clock

Selasa, 26 Maret 2013

akulturasi dan asimilasi

Ibarat SAYUR ASEM, mungkin itu yg bisa menggambarkan sebuah sistem bernama akulturasi. Seperti itu juga yg terjadi di Indonesia. Di Indonesia kita dapat melihat sebuah negara yang didalamnya banyak sekali budaya dan suku yang berbeda dari daerah yang berbeda. Misalnya saja orang jawa, kita dapat membedakan orang tersebut dari logat, budaya dll. Begitu juga orang sunda, padang, batak, ambon dll. Perbedaan di sistem akulturasi seperti yg terjadi di Indonesia sangatlah terlihat.

Jika kita bisa mengibaratkan akulturasi sebagai SAYUR ASEM lalu ibarat apa yg pantas utuk asimilasi. Hmmm mungkin KOPI SUSU. Yaa ibarat KOPI SUSU yg sudah diaduk rata, kita sudah tidak dapat memisahkan lagi yg mana kopi, yg mana susu, gula, air putih. Seperti itulah Asimilasi. Begitu juga yg terjadi di negara adidaya amerika. Amerika memang di huni oleh orang orang dari berbagai penjuru dunia, mulai dari negro sampai orang cina ada disana. bahkan tidak sedikit org indonesia yang tinggal disana. Tetapi kita tidak bisa membedakan mereka sebagai orang pendatang atau warga asli, karena ciri khas mereka yg merata dan sama. Mereka semua sudah bergaya american style.

Mungkin cukup pembahasan saya sampai disini. Biar bagaimanapun sistem akulturasi yg terjadi di indonesia sangat menarik untuk dibahas. karna banyak sekali budaya disini. Ibarat SAYUR ASEM kita masih dapat membedakan yang mana jagung, kacang panjang, meninjo dll. Walaupun begitu toh sayur asem masih lebih enak dari makanan amerika seperti.... ah sudahlah. Sekian.

Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

TWITTER

@dananghaaa

Recent Post

test